CONTOH PIDATO "MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PADA DIRI SENDIRI"



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang Terhormat, Ibu Kepala SMA NEGERI 1 KAJUARA
Yang saya hormati bapak dan ibu guru pengajar SMA NEGERI 1 KAJUARA
Serta teman- temanku yang ku banggakan.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah mencurahkan nikmat yang tiada  terhingga, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berkesan ini dalam keadaan sehat wal afiat. Dan tema pidato yang akan saya sampaikan pada hari ini adalah tentang menciptakan motivasi belajar pada diri sendiri.
William Artur Ward pernah mengatakan resep sukses dengan kalimat singkat yang indah, yaitu “ Resep sukses adalah belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalas-malasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap”.

Motivasi adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu dapat tercapai.

            Sedangkan, motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

           
Setiap orang pasti memiliki motivasi yang tidak sama. Misalnya, seorang pelajar bersedia belajar dan mengejar rangking pertama karena di motivasi untuk mendapatkan hadiah dari orang tuanya. Hal ini biasanya tergantung dari apa yang diinginkannya. Sesungguhnya, motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila seseorang tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya.
Membangkitkan motivasi bagi beberapa orang mungkin menjadi kendala tersendiri. Hal ini seperti mobil mogok yang dapat bergerak setelah ada yang mendorong. Semoga tidak ada satu pun dari audience di sini, termasuk dalam kategori yang saya sebutkan tadi. Dan saya yakin bahwa teman-teman di sini lebih dari itu.
Motivasi berprestasi tidak dibawa sejak lahir, tetapi suatu proses yang dipelajari, dilatih, ditingkatkan, dan dikembangkan . Oleh karena itu, beberapa tips berikut sangat bermanfaat untuk memotivasi diri sendiri. Pertama, Tetapkan tujuan (goal setting),  yakin dan optimislah bahwa kita dapat berubah, bahkan kita memang harus berubah untuk mencapai titik maksimum. Percaya bahwa semua akan seperti yang kita harapkan jika kita berusaha dan berdoa.
Kedua, susunlah target yang masuk akal. Seperti “Saya harus meraih peningkatan dalam setiap kurun waktu, 2 atau 3 peringkat seminggu”. Susun target yang menurut anda dapat diraih. Jangan terlalu jauh berharap dan jangan terlalu rendah untuk berharap. Tetapkan target yang sekiranya bisa dicapai. Ketiga, pilihlah teman bergaul yang tepat. Bergaul bersama orang-orang yang senang belajar dan berprestasi akan membuat kita juga giat belajar. Selain itu, carilah orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita.
Seperti halnya orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, kita akan turut terciprat bau bakaran besi. Dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita akan terciprat harumnya minyak wangi.
Keempat, belajar menggunakan bahasa prestasi. Gunakanlah kata-kata optimistis misalnya “masih ada peluang lagi”. Jadikan konsep ini sebagai budaya berfikir, berbicara, berdialog, dan bertindak.
Kelima, temukan motivator atau penyemangat yang tepat. Terkadang, seseorang membutuhkan orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: sahabat, pasangan, atau pun orang tua. Hal serupa yang dapat dilakukan adalah dengan mencari seseorang atau komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi belajar dan meraih prestasi.
Jika pada saat ujian telah dilewati dan hasil yang didapatkan kurang memuaskan, ingatlah perkataan Thomas Alfa Edison “Jangan kecewa apabila hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan. Percayalah bahwa semuanya adalah kesuksesan, bukan kegagalan”. Maka dari itu teruslah berusaha, teruslah berdoa dan jangan pernah menyerah. Jangan biarkan rasa rendah diri menguasai diri kita. Kita sebagai pelajar tidak boleh menyerah. Apalagi  berputus asa dan  mengeluh karena kewajiban kita sendiri.
Sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatllahi Wabarakatuh

2 komentar untuk "CONTOH PIDATO "MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PADA DIRI SENDIRI""

Posting Komentar